Pentingnya Partisipasi Blogger di Google; Alasan TDB Buat Ruang Para Blogger

Kabar Baik! Bismillah, sahabat Tau Dari Blogger sudah tahu belum kalau ternyata di era serba internet ini ketika kita membutuhkan informasi apapun kita akan mencarinya di mbah google. Sadar atau tidak informasi yang kita cari ada di akun-akun web dan blog, dan itu sudah pasti karena google hanya menjadi penyedia tempat bagi akun-akun web dam blog untuk mengisi lamannya. Tanpa web dan blog apa jadinya fungsi sebuah google?

Informasi-informasi yang kita cari-pun biasanya beragam; mulai dari ekonomi dan bussines, seni budaya, pendidikan, entertain, kesehatan, politik, wisata, kuliner dan masih banyak sub lagi. Banyak platform media yang juga menyediakan layanan jasa informasi terkait hal-hal tersebut.
Logo TDB
Sumber: Facebook TDB

Tapi tahukah kamu, ternyata yang banyak terjun langsung ke lapangan adalah seorang blogger? Karena menjadi seorang blogger adalah menjadi penyedia jasa informasi yang tulus tanpa harus ada bayaran bulanan atau target seperti jurnalis lainnya, sehingga seorang blogger akan dengan senang hati mengulas berbagai informasi menarik sampai ke akarnya. Baik berupa informasi-informasi ringan hal-hal sederhana tentang keseharian atau daily life style sampai hal-hal berat terkait berita sosial terkini.

Nah, setelah kita tahu jenis-jenis blog, kita akan lebih mudah dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Atas dasar itulah, Tau Dari Blogger atau TDB ini dibentuk untuk menyatukan berbagai informasi menarik dalam satu ruang, So, Lebih Simpel Kan?

Seperti Visi TDB sendiri yang bertujuan untuk membangun moralitas, berwawasan global dan memberikan informasi yang bermutu. Dalam mewujudkan visi tersebut, TDB melakukan berapa gerakan seperti;

·         Memberikan informasi baik dan benar
·         Berperan aktif dalam menjalin kerjasama, dan
·         Meningkatkan objektivitas informasi.

Gambar di samping ini adalah pendiri-pendiri TDB nih, saya curi-curi fotonya. Ada pak M. Muhtar, dan Pak Sobari, dan satu lagi yang tidak hadir ketika saya berkunjung, yakni Pak Mujiburrohman.

Blogger yang tergabung dalam TDB sendiri sendiri memiliki beberapa fokus, berikut beberapa jenis blogger berdasarkan kontennya yang bisa kamu ketahui supaya lebih memudahkan kamu dalam mencari informasi:

1.    Blog Pribadi
Blog Pribadi ini biasanya berupa blog umum, jurnal pribadi atau diary keseharian. jenis ini bentuknya seperti buku harian, catatan atau jurnal, yaitu berisi tentang pengalaman pribadi (curhat), opini dan gagasan pemilik blog tentang berbagai hal atau topik. Biasanya blog ini dikelola oleh 1 orang admin atau pemilik blog itu sendiri. Tampilan dari websitenya pun sederhana.

2.    Niche Blog
Blog jenis ini membahas satu topik tertentu. Biasanya blog jenis ini digunakan untuk monetisasi atau untuk menghasilkan uang., Kontennya berisi satu topik dari ekonomi dan bussines, seni budaya, pendidikan, entertain, kesehatan, politik, wisata, kuliner dll.

3.    Blog Perusahaan
Jenis blog ini biasanya terdapat pada website perusahaan yang biasanya berisi kebijakan, press release, konfirmasi dan profil perusahaan.

4.    Blog Produk
Jenis blog ini berisi tentang perkembangan suatu projek atau produk.

Informatif dan lengkap kan?

Selanjutnya saya akan mengulas kunjungan saya yang exited sekali di kantor TDB atau kantor TAU DARI BLOGGER yang kece ini di PT. Movitek Digital Kreatif, ditunggu yaa..

Komentar