Kini, Senyumku Bertambah 5 CM Setelah Seharian Bermain Challenge Dalam Vivalova Happiness Race (Happyone.id dan Viva.co.id)

Kota Tua, 24 November 2018 
Assalamu'alaikum pembaca setia, yang tidak setia tidak apa apa. Panas terik matahari pagi ini rasanya membakar semangat baru nih, hari yang cerah untuk jiwa yang terlampau sepi ini akhirnya menemukan kenangan manis semanis jembatan ancol, (kidding jangan serius serius greetings-nya, hehe). Kenapa emangnya?? Karena di hari sabtu ini aku bertemu dengan banyak orang, banyak sesuatu yang membuat hatiku semangat. semangat yang menggugah suasana hati, seakan-akan burung-burung pun bernyanyi, bunga pun tersenyum melihat kau hibur hatiku. (Apaan sih jadi nyanyi 'Symphoni', nggak jelas. Maaf maaf, serius lagi ya). Lanjut..

Jadi begini, hari ini ada acara dari Happyone.id yang bekerjasama dengan Viva.co.id atau digabung dalam acara "Vivalova Happiness Race", awalnya aku mengira kalau acara blogger yang pendaftarannya agak disiplin ini membuat pesimis, ya karena selain harus blogger, tentunya kita juga harus berjiwa sosial seperti visi misi penyelenggara tentunya, dan satu lagi syaratnya yaitu harus eksis, hehe. (Enggak nding bercanda)

Naah melihat prosedur yang lumayan disiplin ini tentunya membuat beberapa peserta kurang PD alias kurang percaya diri untuk bisa masuk peserta Vivalova Happiness Race ini. Tapi syukur alhamdulillah aku akhirnya dapat undangan juga, undangannya seperti gambar di bawah ini:

Sumber: Penyelenggara (HappyOne.id dan Viva.co.id)

Bayangan diri ketika menerima ‘Invitation’ ini awalnya agak pesimis dan khawatir telat, karena melihat perjalanan dari Ciputat tempat tinggal ke Kota Tua sepertinya bukanlah jarak dekat, selain itu harus hadir pukul 08.00 WIB merupakan hal yang sedikit berat. (tapi tidak seberat badanmu, hehe kidding).

Pukul 05.00 setelah shalat subuh dan mandi langsung berangkat. Meskipun berat dan masih mengantuk akhirnya terlewati juga dengan menunggu agak lama si “Tayo”-nya Jakarta alias bus Transjakarta, dan di jalan-pun tidak mulus, terjadi kemacetan yang membuat luntur bedakku, luntur semangatku. Sudah sedih. Tapi ternyata setelah sampai!!!  Derendengdeng!!! Apa yang terjadi??? (Seharusnya ada backsound kaya di tayangan bola di TV nih)

Ternyata yang terjadi pas sampai, di depan Historia Cafe sudah banyak temen-temen blogger yang kece-kece beserta kakak-kakak tim penyelenggara dari Vivalova Happiness Race yang juga nggak kalah kece dan semangat (aku mah apa atuh masih otewe kece, sabar.. jangan curhat) Oke lanjut..

Sampai pukul 08.15 WIB, telat 15 menit. Setelah itu aku langsung regist di loby Historia Cafe Kota Tua tersebut. Tulis nama, email dan keterangan lainnya untuk regist, dikasih air Aqua ukuran standar, 'topi saya bundar' warna pink yang lucuuuk dan jas hujan untuk antisipasi jika nanti ketika acara di luar hujan (karena nanti ada agenda challenge di luar yang kamu musti baca dulu tulisan ini sampai habis kalo penasaran!). Setelah regist aku masuk ke tempat pembukaan acara Vivalova Happiness Race ini. Begini nih suasananya kaya gambar berikut:

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Suasananya ramai dipenuhi panitia, blogger dan instagramer kece yang pakai 'Topi Saya Bundar' warna-warni. Sontak dong pagi-pagi hatiku sudah mulai berwarna seperti pelangi. (Serius ini). Greetings ini dibuka oleh Bapak L. Iwan Pranoto sebagai Head of Communication & Event Asuransi Astra atau pihak HappyOne.id  dan informasi agenda yang tentunya challenge menarik yang disampaikan Ibu Lusi Liesdiani sebagai Senior Vice President Digital Channel Asuransi Astra, serta kakak-kakak panitia dari Viva.co.id yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik.

Untuk informasi dari HappyOne.id  ini memperkenalkan produk-produk asuransi yang kita pakai untuk keamanan dalam challenge ini, tepatnya salah satu produknya yakni happyMe, karena kita wartawan, blogger dan instagramer merupakan individual profesi. Sehingga pakai produk yang ini.

Untuk asuransi sendiri, kalau kalian nanya kenapa sih kok pake asuransi segala?? (Kalau nanya itu juga, hehe) Maka jawabannya adalah untuk proteksi atau antisipasi ketika challenge terdapat sesuatu yang nggak mengenakkan, semoga aja sih nggak ada ya. Akan tetapi untuk kahati-hatian kita aja. Selain itu kita sepenuhnya gratis dapat produk happyMe ini dengan pembayaran premi bulanan yang sudah ditanggung oleh penyelenggara, dan kabar baiknya masih bisa digunakan sampai setahun  ke depan (alhamdulillah rejeki anak nggak solehah-solehah amat)

Jadi HappyOne.id  yang melindungi kita selama challenge Vivalova Happiness Race ini ternyata nggak cuma produk HappyMe yang kaya kita pakai aja, tetapi ternyata ada 4 produk yang ditawarkan dengan hasil tinggi dan premi yang kecil. Untuk informasi dari HappyOne.id  lebih jelasnya antara lain:

1. happyMe: happyMe menawarkan produk asuransi untuk melindungi kamu dari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi kapan dan di mana aja lho. #AmankanDirimu

2. happyEdu: happyEdu ini untuk memastikan pendidikan anak-anak di masa depan agar mereka mendapatkan pendidikan yang layak dan bisa membangun peradaban baru, ya kalau kita terlahir dari Nasab yang kurang beruntung, maka satu-satunya keuntungan yang harus kita usahakan adalah Nasib. #UbahNasibmu

3. happyHome: Happy home ini adalah perlindungan buat jaga-jaga kalau kalau suatu saat terjadi hal yang nggak mengenakkan terkait rumah kita, kendaraan kita, barang-barang kita, warisan kita dll. (Iyaa.. Kitaa :)) #AmankanHartamu

4. happyTrip: untuk memastikan keamanan perjalanan kita agar terjamin aman sentosa tanpa khawatir reschedule, kecelakaan, keamanan dalam wisata dsb.


Setelah informasi di atas nih, di akhir acara pembukaan dan pengenalan dari HappyOne.id dan Viva.co.id, pihak penyelenggara Vivalova juga membacakan kelompok yang sebelumnya juga sudah diinfokan di group blogger yg khusus dibuat untuk acara ini nih. Mereka selaku penyelenggakra juga mengarahkan beberapa agenda dan permainan yang akan berjalan seharian dengan tim Vivalova Happness Race dan teman-teman blogger kece tentunyaa. (kaya aku, hehe maap)

Setelah tahu kelompok masing-masing dan agenda serta permainan yang akan dijalanin, akhirnya kita langsung menuju lokasi sekitaran Kota Tua yang fenomenal dengan dipandu oleh kaaa.... sebelum aku ceritain keseruan kehebohan yang berfaedah ini, kayanya kurang afdhol kalau aku nggak perkenalkan nama-nama kelompokku ini. Kami beranggotakan 5 orang tersebut yang kami beri nama SABAT (Sahabat), sesuai singkatan nama-nama anggota kami. Ada bang Syifa, Annisa, Bang Hatta, Achmad dan aku sendiri Tya. Kami kebetulan dapat kelompok 3 dari 10 kelompok. kenapa nama "SABAT"? maksudnya supaya kita jadi sahabat selama acara dan ternyata sampai selesai acara dan terlebih teman sampi di luar acara ini. Alhamdulillah jadi dekat semenjak awal acara gara-gara dapet klue klue yang buat exited, harus gerak dan harus kerja sama team supaya menang. ini dia kelompok 3 tepat di depan Historia Cafe ketika pertama kali mau jalan dengan pemandu kece kami juga:




Pertama kita keliling ke sekitaran Kota Tua bersama kelompok 1 dan 2. Kalau satu kelompok 5 orang, kita berjalan kira-kira 16 orang dengan pemandunya mba Dian.
Ada banyak destinasi menarik yang bisa kalian temukan di kawasan wisata Kota Tua Jakarta ini gaes. Tentu saja destinasi tersebut sangat sarat akan sejarah.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sekitaran Kota Tua yang kita kunjungi antara lain:

1. Museum Fatahilah

Dapat dikatakan jika museum ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Awalnya museum ini diberi nama Museum Batavia ketika masa penjajahan VOC. Tak hanya dijadikan sebagai balai kota, namun juga dijadikan sebagai ruang pengadilan hinggak penjara bawah tanah. Tak heran jika Ada banyak sekali benda-benda peninggaklan dari jaman Belanda  yang masih tersimpan rapi di Museum Fatahilah.

2. Museum Wayang

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Awalnya tempat ini bernama Hollandsche yang dibangun di tahun 1640. Museum wayang ini memiliki beragam jenis serta bentuk wayang-wayang asli Indonesia. Namun, tak hanya dari Indonesia saja, kamu juga menemukan wayang-wayang dari negara lainnya seperti Thailand, Kamboja, Tiongkok, hinggak Suriname. Setiap bulannya tepatnya pada minggu ke-2 dan ke-3, biasanya terdapat gelaran wayang yang dapat kita saksikan lho.

3. Museum Seni Rupa & Keramik

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Disini kita bisa menyaksikan 350 lukisan serta 1.350 jenis keramik yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Eropa, Asia, dan daerah-daerah lainnya di Indonesia.





4. Toko Merah

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Toko Merah ini berada di Jl. Kali Besar. Di sana kita akan menemukan bangunan unik berwarna merah yang menjadi salah satu cagar budaya. Bangunan tersebut sekarang dikenal dengan nama Toko Merah. Dulu, bangunan ini merupakan sebuah toko yang dimiliki oleh warga Tionghoa. Sekarang Toko Merah jadi tempat foto Pre-wedding dan spot foto-foto lainnya. (Jepret, aku juga foto, jangan ketinggalan).

Selain itu ada museum Bank Indonesia, Museum Bahari, dsb. Keliling-keliling sejarah Kota Tua pun telah usai, sekarang saatnya kami menghadapi tantangan challenge per-kelompok nih, selain itu kita dapat transpot 100ribu per kelompok untuk akomodasi challenge, harus bisa menej nih.

Kita berlima sudah siap dan sigap. Oke langsung ku ceritain;

1. Zona Biru
Di zona ini kami dan kelompok lainnya mendapatkan satu kertas, dan kebetulan kertas kami warna biru seperti gambar yang dibawa mbak-mbak cantik dalam angkot ini, (tandain ya, itu aku, pede.com)

Di dalam kertas biru ini kami dapat clue dalam tulisan bahasa Inggris nih, agak ngerti-ngerti enggak sih sebenernya, cuma ya belajar mahamin aja wkwk. Setelah merenung dan bertransendensi, (lebbaiii) kami akhirnya menemukan arah dan tujuan, yaitu GLODOK. Yup kita langsung menuju ke sana, menyebrangi zebra cross dan angkot-angkot jalanan yang kencang-kencang. Kata teman aku gapapa larii kejar kan sadah ada asuransi dari HappyOne.id , katanyaa.. tapi tetep harus hati-hati. Dan yaaaap kita naik angkot ke Glodok, bayar 15 ribu. Langsung lari-larian sampe orang-orang di pasar pada bingung ada reality show apa, ada yang nanya.. hahaha

Kami langsung ke KINTAKLE, klue yang kami dapat dari huruf yang di-BOLD ceritanya, daaaaaaan... derengdengdeng..

KAMI KELOMPOK PERTAMA YANG SAMPAI!!!, setelah menyusuri pasar yang lagi ramai-ramainyaa. Di pos pertama tersebut kami langsung diwawancarai kakak-kakak dari Viva.co.id dan diberi minum, legaaaa rasanyaaaa.. (eittss belom selesai) setelah itu kami diberi pertanyaan tentang sejarah Kotu tadi. Untung kami inget, yaah meski dari 5 soal salah satu, jadi kami langsung dikasih hadiah roti 4 biji. 

Setelah itu kami dikasih klue ke dua. Apa itu???

2. Zona Merah
Pada zona ini kami mendapat klue kedua yang diminta untuk menyusuri jalan kemenangan dan menemukkan kopi Takkie. Sebelum menemukan Kopi Tak Kie, kami diminta beli permen atau manisan 5 warna sesuai warna ceria warna happy-happy HappyOne.id. setelah itu kami menyusuri sepanjang jalan sesuai arahan daaaaan taraaa.. kami masuk gang kecil dan menemukan secercah harapan, yakni Kopi Takkie, KAMI KELOMPOK PERTAMA YANG SAMPAI LAG!!! (Sombong, maapkeun) Di sini kami langsung dikasih kopi Tak Kie ditambah hilanglah dahaga. Segeeerr.

Setelah itu kami dikasih klue ketiga. Apa ituu?

3. Zona Hijau

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Kami mendapatkan kertas dan tulisannya meminta kami untuk keluar membelakangi gang tadi kami masuk, ikuti arah jarum jam 3 dan melangkah kan kaki 20 langkah, Rujak Shanghai. Yeaaaaaay pertama lagi. Langsung makan rujak shanghai sepiring berlima. #Habisludeskenyang kenyel kenyel cumi dirujak sama sayur.



4. Zona Kuning
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Setelah selesai makan kami ambil klue terakhir, yaitu ke tempat Teh Legendaris. Kami berlima sebelumnya sudah nyasar pas dapet klue pertama pakai bahasa inggris ke tempat ini, jadi kami nggak asing tempatnya dan langsung lari!!!

Sampailah kami di sini dan kami pertama lagi!!! Di sini kami diminta mengambil angpao, dan kami memutuskan untuk mengambil angpao nomor 3. Isinya kira-kira begini:

"Berapapun rezeki yang didapat, besar kecilnya harus kami syukuri bersama-sama"







Akhirnya final kami diminta untuk mengumpulkan semua klue tadi seperti pada gambar di bawah ini:

Sumber: Dokumentasi Kelompok Lain)

Maknanya adalah kembali ke tempat awal. Sampailah kami di Historia Cafe Kota Tua. Lagi-lagi pertama lagi sampainya. Setelah shalat dan makan di Historia Cafe, kami lantas melanjutkan challenge terakhir, yakni membuat bir pletok, kami gagal disini, ketika pengumuman akhirnya kami juara 2. Tapi kami bahagia. Karena hadiah kami yang sebenarnya adalah sahabat baru yang dikirimkan Tuhan melalui Happyone.id dan Viva.co.id dalam Vivalova Happiness Race ini.

Ingat pesan di tempat klue terakhir:

"Berapapun rezeki yang didapat, besar kecilnya harus kami syukuri bersama-sama".


Serunya agenda kami kan? Ku tulis kenangan ini semoga saja cucu-cucuku suatu saat nanti akan melihat betapa serunya neneknya dulu. #IniWaktuNenekMasihMuda
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

  1. Begitu plak bagi seorang nenek pastilah ada org yg di belakangnya,
    Meski kadang dia tak mampu untuk memenuhi bebutuhannya tp dia bersikeras agar cita2 si nenek dapat terwujud.
    Tak kira apapun yg terjadi meski di pandang sebelah mata tp tetap tegar & tabah dalam mengemban tugas.
    Selamat telah "is the best"

    BalasHapus
  2. Informatif sekali tempat tempat bersejarah di Jakarta emang punya daya tarik tersendiri ya 😆😆😆

    BalasHapus

Posting Komentar