Dokter !

Dalam sepanjang hidupnya dia tak pernah marah-marah. Memang hatinya sering disakiti orang dan dia jengkel. Namun sampai memaki atau membentak dengan kata tak senonoh, tak pernah dia lakukan. Dia adalah seorang dokter. Golongan elit yang terhormat. Dan semua perilaku yang menjengkelkan dari orang yang dihadapinya, dipandangnya sebagai tingkah orang sakit. Apapun macam perangai orang, dia tak pernah sampai marah. Tidak ada orang sehat yang melakukan kesalahan, pikirnya.

Orang yang mencuri, merampok, berkelahi, bahkan membunuh, jahat, dan zalim tentulah karena sakit. Kalau bukan karena sakit, karena apa lagi orang-orang demikian? Seperti juga orang-orang sakit pada fisiknya menderita karena penyakit turunan atau karena penularan dari luar. Demikian juga penyakit mental atau jiwa seseorang. Pastilah dapat diobati. Kalau diagnosa dan terapinya kena, apalagi bila diobati pada saat yang dini. Demikian juga pada kejiwaan seseorang. Pandangan hidup seperti itu menyebabkan hidupnya bisa tenteram dan banyak orang menghormatinya.

Untuk Dokter yang selalu menghibur Miss ku sayang, Miss Erni Yuliana. Terimakasih untuk terus menghibur menemani dan nyanyian Rhoma Iramanya setiap malam untuk Miss Erni Yulianaku.

Komentar